“ARTI JU-JITSU”

Ju-jitsu mempunyai teori dasar yaitu: “TEORI JU” yang mengandung banyak arti,diantaranya adalah : ”  Kelemahan atau Kerendahan Diri “. serta ” Konsentrasi dan Seni “.

Dari manakah asalnya JU ini ?

Asal mulanya teori JU dari buku Tiongkok kuno yang bernama SAN LIO di karang oleh SUN WOTSE .

Didalam buku tersebut ada suatu perkataan sebagai berikut :

Kelemahan lebih bagus dari pada kekuatan ,dan kelemahan itulah yang dapat mengalahkan kekuatan “.

Dari perkataan inilah orang Jepang pada zaman kuno mengambil perkataan JU dan di namakan pada tehnik itu ” JU-JITSU ” artinya Konsentrasi ( pemusatan pikiran ) dan kesenian ( jurus jurus Ju-jitsu tersebut ) kelemahan dapat mengalahkan kekuatan.

Jadi arti Ju-jitsu ialah : Konsentrasi dari Seni, atau dengan kata lain melalui Konsentrasi dari seni kelemahan dapat mengalahkan kekuatan. Cara mempraktekkan bahwa Ju-jitsu itu kensentrasi dari seni yang dengan kelemahan dapat mengalahkan kekuatan adalah sebagai berikut :

Pada umumnya jikalau musuh menolak kita dari arah mana juga,kita sekali-kali jangan melawan kekuatannya,melainkan mengikuti kekuatannya itu serta mempergunakan tenaga musuh untuk mendatangkan kemenangan pada kita sendiri.

Misalnya:

Jika musuh yang bertenaga 100 menolak badan kita yang hanya bertenaga 60,dan jika kita melawan kekuatannya sudah tentu kita yang kalah,tetapi apabila kita mundur selangkah dengan langkah yang lebih besar dari padanya serta menarik badannya atau memutar badan kita secepat-cepatnya untuk mengelak tenaganya, apa yang terjadi…..???

Sudah tentu Badan Musuh Miring  kemuka dan tenaga yang 100 itu mungkin berkurang sampai 50 atau lebih kebawah lagi.

Saat itu jika kita cepat menjalankan suatu tehnik yang cocok dengan keadaan itu maka akhirnya musuh yang bertenaga 100 terjatuh,dan kita yang bertenaga 60 memperoleh kemenangan.

Jadi dengan beberapa keterangan tersebut diatas dapat diambil kesimpulan: ” Bahwa mempelajari Ju-jitsu tidak terlalu sulit,disebabkan tenaga tidaklah merupakan faktor utama,walaupun tidak dapat di pungkiri dengan memiliki tenaga tentu lebih baik lagi. Justru itu dikatakan JU-JITSU mengutamakan “AKAL” serta mempergunakan kecepatan berfikir dan mempergunakan/memanfaatkan tenagalawan yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dilihat,Orang yang mempergunakan ilmu Beladiri Ju-jitsu seakan-akan tidak mempergunakan Tenaga sama sekali”.

3 Responses to ““ARTI JU-JITSU””

  1. ivvahdiana@yahoo.com Says:

    yg menulis artikel tersebut siapa?

  2. jujitsan Says:

    HOSH…

  3. RIDHO Says:

    AD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: