” Sejarah Ju-jitsu “

Terjadinya nama Ju-jitsu adalah permulaan abad ke-17 yakni tahun 1650, pada tahun itu seorang Tiongkok yang bernama TAN GUAN PIN membawa tehnik Ju-jitsu ke YEDO ( TOKYO – sekarang ) . Dan disitulah dia mengajarkan tehnik itu kepada kaum samurai di jepang.

Kaum Samurai adalah:Suatu golongan Pahlawan di jepang pada zaman dahulu.

Dan akhirnya dari muridnya terpilih 3 Orang ahli Ju-jitsu

yakni :

1. MIURA YOSHIKATSU

2. FUKONO MASAKATSU

3. ISOGAI JIRO ZAIMON

Antara mereka bertiga : Miura & Fukono menciptakan sistim Ju-jitsu yang baru,dengan menurut faham masing-masing.

Selain dari mereka berdua ada juga orang lain yang dapat menciptakan sistim masing-masing ,yaitu diantaranya :

1. TAKENO HISOMORI ( TAKENOCHI RYU )

2. INUYAMA NAGAKATSU ( KYUSIN RYU )

3. SEKIGUCHI JUSHIN ( SEKIGUCHI RYU )

4. SHIBUKAWA BANGORO ( SHIBUKAWA RYU )

5.TERADA MASASHIGE ( KITO RYU )

6. ISO MATAUEMON ( TENJIN SHINYO RYU )

7. AKIYAMA SHIRO YOSHITOKI ( YOSIN RYU )

Tetapi diantara mereka AKIYAMA SHIROBEI YOSHITOKI yang termasyur, Akiyama adalah seorang Dokter Jepang dan mulanya Ia mempelajari Ju-jitsu sewaktu Ia pergi ke Tiongkok untuk menyempurnakan ilmu Kedokteran Ia pun mempelajari ilmu ju-jitsu dari seorang Tiongkok yang bernama PAO TIEN, dari Pao Tien ia dapat mempelajari lebih banyak lagi tehnik-tehnik Ju-jitsu dengan bermacam-macam fariasi.

Sesudah Akiyama kembali ke Jepang Ia mengajari kepada orang apa yang didapatkanya dari Pao Tien. Tetapi Akiyama masih merasa kurang puas dengan apa yang sudah di dapatkanya dari Pao Tien,maka dia pergi ke DAIZU SHRINE ( rumah ibadah di Jepang ) untuk menyembah kepada Tuhan supaya Ia diberi suatu akal agar dapat memajukan dan mengembangkan Ju-jitsu.

Pada suatu musim dingin Ia melihat pohon WILLOW dan pohon CHERRY yang berada dimuka Shrine itu. Pohon cherry itu telah patah dahannya,karena pohon itu menerima timpahan salju yang berat melekat pada dahannya.sedangkan pohon WILLOW tidak dapat di rusak oleh salju,karena salju tidak dapat melekat pada dahannya yang sangat lunak.

Dari pohon WILLOW inilah Akiyama mengambil kesimpulan bahwa :

Kelemahan/Kelembutan dapat mengalahkan kekuatan/kekerasan.

melihat ke dua pohon inilah Akiyama berinisiatif menciptakan 400 macam tehnik Ju-jitsu berdasarkan sifat yang ada pada pohon WILLOW, yaitu:

Kelemahan dapat mengalahkan kekuatan,pada sistim yang baru diciptakanya nama yaitu YOSHIN – RYU dan Ia sendiri lansung membuka sekaloah di jepang,Dan akhirnya Ju-jitsu berkembang pesat di Jepang.

Tetapi sampai abad ke 19 yaitu pada zaman ” MEIJI” (tahun 1867) Ju-jitsu yang telah menjadi suatu kesenian dan kebudayaan pusaka jepang hampir di lupakan karena pengaruh aliran zaman modern yang berasal dari negeri barat.

Tetapi pada masa itu seorang Profesor yang bernama JIGOROKANO sangat tertarik untuk dapat mempelajari Ju-jitsu,

Profesor JIGOROKANO lahir pada Oktober 1859 di Hyogohen sewaktu kecil badan beliau sangat lemah dan tidak sehat,oleh karena itu beliau selalu beriktiar supaya badannya dapat kuat dan sehat. Walau dalam pelajaran yang lain tidak dikalahkan oleh orang, tetapi jika beradu tenaga selalu saja beliau mengalami kekalahan .

Untuk memperoleh kesehatan dan kekuatan Prof. Jigorokano tertarik untuk mempelajari Ju-jitsu.Tetapi pada zaman itu sangat sukar mencari guru Ju-jitsu karena baru saja zamannya berubah, serta rakyat jepang semuanya asyik mengambil kebudayaan modern dari Negeri Barat serta tak seorangpun peduli pada kesenian dan kebudayaan Klasik ini. akhirnya atas usaha keras Jigorokano tersebut Ia berhasil juga menemukan seorang Guru Ju-jitsu yang bernama FUKUDA – HACHI NOSUKE yang mempunyai sistim/aliran TENJIN SHINYO RYU .

Tetapi baru saja Jigorokano 2 tahun belajar guru tersebut Meninggal dunia,kemudian Jigorokano belajar pada Guru lain yang bernama ISOMASATHOMO yang mempunyai sistim/aliran yang sama dengan Gurunya yang pertama .

Selanjutnya Ia menyambung pelajaran Ju-jitsu pada Guru yang bernama IIKUBO TSUNETOSI. Dan pada tahun 1881 beliau menamatkan pelajaran Ju-jitsu pada Guru tersebut. Pada tahun 1882 Prof.Jigorokano membuka sekolah Ju-jitsu terhadap masyarakat umum di jepang. Setelah berapa lama Jigorokano mengajarkan Ju-jitsu kepada masyarakat di jepang, akhirnya Jigorokano menukar nama Ju-jitsu menjadi JUDO, dengan diberi teori-teori baru. sehingga Judo menjadi “SPORT” yang hingga kini berkembang di seluruh Dunia. Tetapi pada zaman itu Ju-jitsu yang mempunyai sistim/aliran TENJIN SHINYO RYU dan TOTSUKA YOSHIN RYU sangat menentangnya,sehingga sering terjadi pertentangan-pertentangan antara mereka.

40 Responses to “” Sejarah Ju-jitsu “”

  1. hary Says:

    hai medan jujitsu………

    aQ Hary……….
    biasanya dipanggil kiki…………

    aQ jujitsu cabang sei padang d medan……….

    sebelumnya saya meminta maaf kepada semua yg membaca ini……..

    Melihat perkembangan jujitsu di medan saat ini.Saya rasa jujitsu semakin banyak digemari oleh semua kalangan…………

    tetapi,saya heran dgn I.J.I Surabaya mengpa mereka kecewa dgn Medan jujitsu club yg beraliran kito ryu………..
    padahal,mereka seharusnya tau bahwa jujitsu mempunyai banyak aliran……
    apakah I.J.I Surabaya tidak tau sejarah…………..?????????

    seharusnya dgn adnya byk aliran jujitsu di Indonesia kita semua dpt bersatu menjadi jujitsan yg kuat………..

    dgn saya melihat di situs ini……….(http://ijisurabaya.com/forum/index.php?action=printpage;topic=32.0)

    saya merasa sepertinya I.J.I Surabaya ingin mengeluarkan Medan Jujitsu Club dari naungan I.J.I Pusat………….

    sebenarnya saya tidak ingin mengungkit masalah ini lebih luas…………

    tp,dgn adanya coment saya ini………
    para jujitsan-jujitsan di Medan Jujitsu club harus berpikiran positif sja dgn permasalahan ini………

    hidup Jujitsu…………….!!!!!!
    ^_^

  2. hary Says:

    ada yg tau siapa SOKAKU TAKEDA……???????

  3. medanjujitsuclub Says:

    selamat datang di blog ini kiki makasih buat pendapat dan pertanyaan anda…

    semua akan di jawab secepatnya….

    Hidup MJC

  4. iswandy arisandy Says:

    salam ju jit su….foto nya donk diperbanyak.

    andhie
    ju jit san padangsidimpuan

  5. kang kobo Says:

    mohon info tempat latihan jujitsu di medan dong gan..

  6. medanjujitsuclub Says:

    Makasih sudah mampir di Blog ini….

    photo dan alamat akan segera saya masukan ke blog ini…

    thanks gan sudah mampir

  7. SALIM Says:

    bg tlng info tempat2 latihan di medan

  8. thoult Says:

    hidup ju jitsuu medan!!!

  9. andri_kyu1@polonia Says:

    salam jujitsu kito ryu. ini andri dari mjc dojo polonia. semoga dengan blog ini bisa meningkatkan pamor medan jujitsu club atau jujitsu aliran kito ryu. jaya mjc

  10. medanjujitsuclub Says:

    Info tempat latihan jujitsu di medan belum dapat saya tampilkan di blog ini
    seluruhnya…

    Mohon maaf, segera akan saya masukan…

    Tempat latihan “Dojo pusat”

    Jln.Sei padang. Gg Sipirok No 1

    ini Dojo pusat….

  11. rifqy Says:

    semoga MJC bsa berkembang lbh pesat…….

    hidup MJC…..

  12. Anggie Says:

    Paten….
    bangga aq jd org jujitsu
    hehehe

  13. Anggie Says:

    yang saya tau
    1. Dojo Seipadang, jln seipadang gg. sipirok no 1 medan
    2. Cabang Mariendal
    3. Cabang PDAM Tirtanadi, jl SM. Raja no 1
    4. Cabang Sunggal
    5. Cabang Polsek Helvetia
    6. Cabang Polonia

    Mohon maaf kalo gk bs nampilkan alamat ny semua

    • Ruslan Habibi Says:

      Salam smuanya..
      Sya mau tanya, ada yg tau info Jujitsu di Pekanbaru gak?

      Sbelumnya saya jga anggota jujitsu Medan cab Marendal dan Tirtanadi 3 thn yg lalu..

  14. ela cute Says:

    bagus2………

    bngga aq jdi anggota jujitsu……

    mju trus jujitsu………

    cahyoooo

  15. NADIAFRIENDDYAN Says:

    JIUJITSU JD GAG BUAT CBG BARU???

  16. NADIAFRIENDDYAN Says:

    SMOGA JIUJITSU MAKIN MAJU ANDMAKIN TERKENAL JA YA ‘BY:FEYREN

  17. Amjit Eneste Says:

    Kepada Rekan-rekan yang ingin mengetahui Dojo-dojo IJI Sumut selain yang sudah ditampilkan , saya tambahkan : Cabang PT. Coco-Cola, Cabang Khusus POM AU, Cabang Khusus Hotel J.W Marriot, PT. Pokhpan, Cabang P.Sidempuan, Cabang Panyabungan, Cabang Nias, dan Dojo-dojo Private (Rekan-rekan dapat Contact 081397127449,…………………..)
    ……….MJC JAYA SELALU…………………..

  18. amjit Says:

    Saya tambahkan bahwa dojo IJI Sumut Yg lain :
    Cabang POM AU, Cabang PT. Coca Cola,
    Cabang Hotel Marriot, Cabang Palza Medan Fair, Cabang PT. Pokhpan, Cabang Panyabungan, Cabang Polres Sibolga, Cabang P.Sidempuan, cabang Gunung Sotoli (NIAS) serta Private Private, kalau rekan-rekan ingin berminat berlatih Beladiri Jujitsu dapat Menghubungi 061-8215920 – 08126435460, ok Friends

  19. medanjujitsuclub Says:

    Thanks buat tambahan alamat nya…….

    mari kita majukan jujitsu……….

    Ciayo…..

  20. Engran Ispandi Silalahi Says:

    Ritshu-rie
    salam Jujitsu
    Kepada MJC…, kami ingin agar SK diturunkan secepatnya…, walaupun hal itu gak berpengaruh pada konsentrasi latihan, tapi kami butuh untuk tertib administrasi, apalagi kami yang di daerah (Madina) secara organisasi berada dalam binaan Kapolres Madina.
    Lain lubuk memang lain ikannya, jadi kami senantiasa berhadapan dengan orang2 yang butuh legalitas hukum untuk pengembangan jujitsu di Madina.
    Saat ini kami dah tambah satu sub cabang khusus di Kota Nopan (Madina), dan senantiasa konsolidasi kepengurusan.
    dan mudah2an bulan Pebruari 2010 kalau dah sepakat dengan pak Kapolres, kami latihan bersama dengan Polres Madina, dan pak kapolres yang juga seorang jujitsan (PTIK dan Surabaya) sangat perhatian dengan kita.
    Thanks…….Jujitsu Jaya Selalu
    A.n. Pengurus Panyabungan Mandailing Natal

  21. agoes kyu Says:

    oooooshhhhh……. salam ju jitsu. ad ga yo ju jitsu mojokerto kalo ad yang tu tlong ku dikasih almtnya

  22. Aulia_keren.Marendal Says:

    G sia2 awak msk jujtsu, krn jujitsu bela diri no1 se Dunia…
    Rugi klo yg belum msk jujitsu.
    Percayalah…………………………
    Paten…..Paten…..Paten…..
    maju terus mjc………..

  23. fajar ananda Says:

    aku latihan di jui-jitsu udah 10 thn.saya mau nanya ama guru2 yg saya hormati kapan sih jiu-jitsu kita bisa masuk nasional/internasional.saya minta maaf kalau ada kata2 saya yg kurang enak di hati para guru jui-jitsu mohon di maklumi.dari fajar ananda cabang sunggal.

  24. fany toebink Says:

    kok spertiny saia tahu ya topik ny. kwkwkwkw

    kiki : dmana2 pro kontra pazti terjadi,.. jdi gusa heran,.dn tanggapi dgn positif aj. yg ptg qta ttp semangat dan maju teruzzzzz !!!!!

    aQ tambahi alamat ltihan MJC yg bru y,..
    jln.gatot subroto,. itu rumah q looo….
    kwkwkwkwkwkw

    jaya teruz l MJC,..
    mmmmmuacchhhh ,..

  25. arull hrp Says:

    saya anggota MJC yg skrang di bogor. baru bbrapa bulan sih. sy mohon bantuan tuk jujitsu yg daerah bogor MJC ada link gak ?
    krn dah lama gak latihan selama d bogor, baru 1 x tu pun sendirian.

  26. tholut Says:

    jujitsu pakabar nih????

    salam untuk om ronald dan keluarga, cabang seipadang…
    thx..

    maju terus MJC!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  27. Juliana m.c.zega Says:

    Hey smua ju-jitsu yg ada d indonesia,prknalkan aku anggta dr dojo polres nias,,aku jg sngguh bngga mnjd anggta ju-jitsu, bljar ju-jitsu adl hal yg plg pnting buatku,krn aku bsa bnyk bljar drnya,bs bljar displin,slg mnghrgai,bs mngndlikn dri,n jg bs jaga2 diri gtu lho,n yg plg pntingnya adl ga jd ank yg manja lg,tp jd ank yg kuat,tegr,n jg tgas.. Hidp ju-jitsu,,trus brkmbang,trus mju,jgn pnh mndur,,. Aku cnta u ju-jitsu

  28. HERMANTO Says:

    INSTITUT JUJITSU INDONESIA
    DOYO JIUJITSU .ARAYA .MALANG.
    PELATIH BPK WALUYO DAN III DAN BPK SIROTUL DAN II .
    DI PERUMAHAN ARAYA .MALANG. JAWA TIMUR.
    DI GEDUNG BALAI RW 11. JLN. PURI PALMA 8.
    PERUMAHAN ARAYA .MALANG.
    WAKTU LATIHAN HARI MINGGU JAM 3 SORE & HARI RABU JAM 7.MALAM
    UANG PENDAFTARAN Rp50.000, DAN IURAN BULAN Rp 30.000.
    BISA DAFTAR DAN LANGSUNG LATIHAN.

  29. AMJIT Says:

    Kemana berita IJI sumut, kenapa nga ada kabar ??????????
    Untuk bagian humas mana ide-ide mu, kita sudah ,maju tapi harus tetap maju dan eksis teruss..

  30. AMJIT Says:

    Untuk informasi dan ingin belajar Jujitsu untuk Private dan dojo khusus atau reguler, dapat menghubungi saudara M.Amri Nasution, SE, MSi, Hp. 08126435460.

    Salam Olah raga

  31. yuda Says:

    saya tertarik dengan jujitsu dan ingin mempelajarinya. harap bimbingan kawan kawan semua

  32. yunus Says:

    salam buat jujitsa se Sumut…..
    rindu ama kalian semua…..
    salam buat P’ Ronal n bg Amri…

  33. medanjujitsuclub Says:

    mohon bantuan buat para pengurus dan juga jujitsan semua, blog akan update dlm 1 minggu ini, mohon bila ada photo dan video untuk segera di berikan ke dojo pusat agar bisa di apload dan di postingkan segera.

    untuk perhatiannya terima kasih

  34. Gina levina Says:

    Mohon untuk bimbingan dari saya dan kedua adik saya untuk menghadapi ujian silabus coklat.

  35. Wawan Says:

    Hallo ……Ossh
    Domo Arigato Goshaimashu…..

    Salam Dari Ju Jitsu aliran Daito Ryu

  36. 4m3one Says:

    Go MJC…!!!!

    maz fir
    dozo Polonia

  37. HERMANTO Says:

    TELAH DIBUKA DOYO JIUJITSU ARAYA .MALANG.
    PELATIH BPK WALUYO DAN IV DAN BPK SIROTUL DAN III DAN
    BPK SASTRO DAN II .
    DI PERUMAHAN ARAYA .MALANG. JAWA TIMUR.
    DI GEDUNG BALAI RW 11. JLN. PURI PALMA 8.
    PERUMAHAN ARAYA .MALANG.
    WAKTU LATIHAN HARI SABTU JAM 3 SORE & HARI RABU JAM 7.MALAM
    UANG PENDAFTARAN Rp50.000, DAN IURAN BULANAN Rp 35.000.
    BISA DAFTAR DAN LANGSUNG LATIHAN.
    BISA HUBUNGI BPK HERMANTO: 088803864809 ;03412223298

  38. AMJIT Says:

    OSSHHH….SALAM BUAT PARA JUJITSU SELURUH INDONESIA…KEMBANGKAN TERUS JUJITSU KE PELOSOK,,,INDONESIA… DAN KAMI HARAPKAN KEPADA JAJARAN PENGURUS IJI INDONESIA…BILAMANA ADA TEMAN-TEMAN YANG PINDAH TUGAS-TUGAS KEDAERAH2 MOHON KONFIRMASINYA KEPADA PENGDA PENGDA YANG ADA AGAR SETIAP BISA BEKERJA SAMA..UNTUK KEMAJUAN KITA BERSAMA JUGA..BRAVO JUJITSU….OSHHH.

  39. HERMANTO Says:

    INSTITUT JUJITSU MALANG. INDONESIA
    DOYO JIUJITSU .ARAYA .MALANG.JAWA TIMUR
    PELATIH BPK WALUYO DAN III DAN BPK SIROTUL DAN II .
    DI PERUMAHAN ARAYA .MALANG. JAWA TIMUR.
    DI GEDUNG BALAI RW 11. JLN. PURI PALMA 8.
    PERUMAHAN ARAYA .MALANG.
    WAKTU LATIHAN HARI SABTU JAM 3 SORE & HARI RABU JAM 7.MALAM
    UANG PENDAFTARAN Rp50.000, DAN IURAN BULAN Rp 35.000.
    BISA DAFTAR DAN LANGSUNG LATIHAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: